Toilet Sehat

TOILET telah diketahui sebagai tempat yang menjadi sumber bersarangnya kuman dan virus penyebab penyakit. Apalagi jika di toilet terdapat air terbuka yang bisa menjadi tempat kuman dan jamur tumbuh subur.
Air diketahui bisa menjadi media untuk berkembangnya parasit dan penyakit (yang sering disebut waterborn desease). Toilet yang senantiasa digenangi air tentu akan meningkatkan potensi penyebaran penyakit pada penggunanya.
Menurut pakar kesehatan anak, dr. Rouli Nababan, Sp.A., toilet yang sering tergenangi air memicu penyakit, di antaranya seperti hepatitis A, cacingan, demam berdarah, dan diare (penyakit oleh Rotavirus). Belum lagi dengan masalah sanitasi yang mungkin menyebarkan scabies, lice, dan cacing penyebab kaki gajah.
“Toilet adalah sarana tempat penyebaran penyakit yang luar biasa. Perlu diketahui setiap 20 menit kuman berkembang biak. Dalam waktu 24 jam, delapan juta kuman dapat tumbuh. Jadi bisa dibayangkan bagaimana kotornya toilet,” tuturnya saat diskusi di acara “Gerakan Toilet Higienis” bersama Domestos, di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (18/11/2014).
Ia menambahkan bahwa untuk menciptakan toilet yang sehat, diperlukan komitmen, tanggung jawab dari pengguna, dan desain yang tepat. Tidak perlu sampai tidak menyediakan air, dengan manajemen pembersihan toilet yang baik, desain toilet yang mencegah pengeluaran dan pemakaian air berlebihan, serta memiliki jalur air yang baik dapat membuat toilet menjadi tempat yang nyaman.
Sumber: Okezone

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar